Cara Membuat Septictank Yang Benar

Cara Membuat Septiktank yang Benar

cara membuat septictank yang benar
cara membuat septictank yang benar

Cara membuat septictank yang benar >Septictank merupakan salah satu bagian yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari rumah atau tempat tinggal,dikarnakan fungsi dari septictank  itu sangat penting maka kita harus memiliki septictank yang benar agar septictank berfungsi dengan baik juga tidak mudah penuh dan terhindar dari berbagai masalah.

Bagi anda yang mau membangun septictank ,berikut ini akan kami berikan gambaran cara membuat septictank yang benar,silahkan simak beberapa tips agar septictank tidak cepat penuh dan terbebas dari masalah.diantaranya :

1.Rencanakan dan buat ukuran septictank yang sesuai dengan kapasitas penghuni rumah.
2.Hindari membuang air atau deterjen bekas cucian ke closet yang mengarah ke septic tank karena hal ini akan berakibat fatal yaitu matinya makhluk pengurai penghuni septic tank yang membantu penguraian kotoran sehingga tidak cepat penuh.

Spesifikasi bahan untuk pembuatan septic tank

Satu hal lagi yang perlu dicermati pada disaat membuat septic tank ialah kekuatan tangki atau dinding ruang tersebut. Dinding harus kuat serta tahan terhadap zat asam dari limbah domestic itu sendiri, dan kedap air. Jangan sampai ada rembesan dari celah dinding, hingga menyebabkan pencemaran terhadap tanah sekitar. Maka dari itu, tangki atau dinding septic tank dapat dibuat dari bata merah, batu kali, batako, ataupun beton.

Jarak dari septictank dengan bangunanpun ada ketentuan yang harus diperhatikan. Jarak antara septic tank yang benar ke bangunan minimal 1,5m, sedangkan jarak dari septic tank ke sumur pompa air bersih minimal 10m, dan untuk jarak septic tank ke sumur resapan air hujan  setidaknya 5m.ketentuan ini bertujuan agar limbah dari isi septictank tidak mencemari lingkungan,silahkan baca juga tentang mikroba pengurai limbah

Satu hal yang tidak kalah penting yaitu agar septictank berpungsi dengan baik atau tidak mudah penuh maka rawatlah septictank dengan menambahkan mikroba pengurai STARBIO plus setiap 3-5 bulan sekali.untuk lebih jelasnya tentang starbio silahkan kunjungi starbio plus

Posted By  :  cara mengatasi wc mampet

Leave a comment